Friday, 02 July 2021 07:32

Harga Alat Pemadam Api Co2 Carbondioksida

Written by
Rate this item
(1 Vote)

Alat pemadam api karbon dioksida (co2) berbentuk cair, namun saat disemprotkan berbentuk gas. Cara kerja alat ini yaitu dengan mendorong oksigen sampai batas minimal sehingga mempersempit proses reaksi oksigen dengan unsure lain. Maka nyala api dapat dikendalikan.

Fungsi alat pemadam api dengan co2 untuk memadamkan api oleh elektrikal seperti akibat konsleting listrik atau peralatan elektronik lain yang terbakar. Dikarenakan sifatnya yang tidak meninggalkan residu, serta aman untuk peralatan elektronik menjadikan alat ini banyak menjadi pilihan. alat pemadam api co2 sangat popular karena sangat efektif terhadap cairan yang mudah terbakar seperti propane, butane, pelarut dan bensin. Alat pemadam kebakaran

alat pemadam api co2 ini pun berguna dalam mengatasi kebakaran yang diakibatkan oleh peralatan listrik, karena tidak meninggalkan residu (bubuk ataupun busa) saat memadamkan api. Alat pemadam api co2 dibuat berdasarkan standar british en3, dicat warna merah terang dengan label hitam di atas petunjuk penggunaan. Pada tahun 1995, alat pemadam kebakaran ini diproduksi dengan standar inggris dan dicat hitam seluruhnya. Alat pemadam api co2 tersedia dalam ukuran yaitu ukuran 2 kg dan 5 kg. Alat pemadam kebakaran tipe co2 yang terbesar tersedia dalam ukuran 45 kg. Namun ukuran ini biasanya digunakan untuk offshore dan bandara.

di mana alat pemadam api co2 biasa digunakan ?

alat pemadam api co2 yang paling cocok digunakan pada kebakaran kelas b (cairan yang mudah terbakar) dan peralatan listrik. Pemadam ini aman untuk digunakan pada peralatan listrik untuk perkantoran, workshop, klub malam, dan tempat-tempat lain yang menggunakan peralatan listrik. Alat pemadam ini sebaiknya disimpan pada tempat  yang tidak beresiko terjadinya kebakaran.

 

bagaimana cara kerja alat alat pemadam api co2 

alat pemadam api yang mengandung karbon dioksida fase cair dengan tekanan 55 bar atau 825 psi dalam silinder bertekanan. Ketika alat pemadam api co2 dibuka, karbon dioksida mengembang sehingga membentuk fase gas. Gas co2 yang dikeluarkan oleh pemadam akan menggantikan oksigen yang ada di sekeliling api sehingga api pun akan padam. Sebagaimana yang telah diketahui bahwa oksigen merupakan salah satu elemen dari segitiga api (penyebab terjadinya api), dengan hilangnya oksigen maka segitiga api menjadi tidak sempurna sehingga api pun tidak akan dapat terbentuk dengan kata lain, api yang mulanya terbentuk akan padam jika kadar oksigen hilangkan.

 

SELANG ANTI BEKU PADA ALAT PEMADAM API CO2

apabila anda membeli tipe bahan kimia co2, maka anda akan diberikan selang anti beku. Hal ini karena gas co2 yang dilepaskan dari alat pemadam ini sangat dingin. Penggunaan pemadam tipe karbon dioksida tanpa memegang selang anti beku akan menyebabkan jari-jari menjadi beku dan cedera yang serius. Selang anti beku ini dirancang untuk dapat menahan efek pembekuan gas karbon dioksida, dan dapat dipegang oleh pengguna. Alat pemadam kebakaran co2 juga harus memiliki horn (seperti keran pemompa) yang berfungsi sebagai diffuser pengurang gaya tekan gas co2 saat dilepaskan. Jika alat pemadam kebakaran co2 tidak memiliki ini, maka pada saat penggunaan, besarnya gaya tekan gas co2 akan menyebabkan pergelangan tangan patah.

Harga alat pemadam api co2

alat pemadam api co2 jangan gunakan di ruang tertutup terkandung dalam udara yang kita hirup sehari-hari namun berada pada kadar yang aman untuk dihirup.  jika kadar co2 yang dihirup telah melebihi batas standar maka akan menyebabkan keracunan karbon dioksida. Ada cara mudah untuk mengobati orang yang keracunan karbon dioksida, yaitu dengan cara menghirup lebih banyak oksigen.

Namun jika orang tersebut telah kehilangan kesadaran atau tidak mampu keluar dari ruangan, karbon dioksida dapat menyebabkan masalah yang lebih serius seperti asidosis yang bisa berakibat fatal. Oleh karena itu, sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan alat pemadam kebakaran co2 dalam ruang tertutup, terutama di mobil atau kendaraan. Selain berwarna merah, terdapat pula alat pemadam kebakaran co2 yang dipoles dengan warna silver. 

alat pemadam ini memberikan tampilan yang lebih menawan dan sangat ideal untuk penggunaan pada butik-butik dan outlet kelas atas. Alat pemadam yang dipoles ini tidak dibuat berdasarkan standar british en3 karena tidak mengikuti aturan berwarna merah, melainkan dibuat berdasarkan standar british lain untuk standar alat. Pemadam kebakaran.

 

Carbondioxide  co2 gas karbon dioksida merupakan salah satu zat kimia bersih yang digunakan sebagai salah satu bahan untuk pemadam api. Berupa gas yang sangat dingin berfungsi mematikan api dengan mengambil unsur oksigen. Alat pemadam api dengan media karbon dioksida (co2) dapat digunakan untuk memadamkan api kelas kebakaran b ( bahan bakar cair) dan kelas kebakaran c ( listrik). Alat pemadam api co2 adalah alat pemadam kebakaran yang sangat popular karena sangat efektif terhadap cairan yang mudah terbakar seperti propane, butane, pelarut dan bensin. Alat pemadam kebakaran

 

Alat pemadam api ini pun berguna dalam mengatasi kebakaran yang diakibatkan oleh peralatan listrik, karena tidak meninggalkan residu (bubuk ataupun busa) saat memadamkan api. Alat pemadam api co2 dibuat berdasarkan standar british en3, dicat warna merah terang dengan label hitam di atas petunjuk penggunaan. Pada tahun 1995, alat pemadam kebakaran ini diproduksi dengan standar inggris dan dicat hitam seluruhnya. Alat pemadam api co2 tersedia dalam ukuran yaitu ukuran 2 kg dan 5 kg. Alat pemadam kebakaran tipe co2 yang terbesar tersedia dalam ukuran 45 kg. Namun ukuran ini biasanya digunakan untuk offshore dan bandara.

ALAT PEMADAM API CARBON DIOXIDE (CO2)

  • senyawa kimia yang terbentuk dari 1 atom karbon dan 2 atom oksigen, yang dapat
  • dihasilkan baik dari kegiatan alamiah maupun kegiatan manusia.
  • dapat digunakan memadamkan kebakaran kelas b dan c karena merupakan bahan gas, co2 tidak merusak, dengan daya guna yang efektif dan bersih.
  • sangat efektif digunakan dalam ruangan tertutup/ in door.
  • dapat menyerap panas sekaligus mendinginkan.

 

konstruksi tabung sangat kuat dan berat karena dirancang khusus untuk menahan tekanan tinggi dan dilengkapi dengan selang yang panjang dengan nozzle yang berbentuk corong.

alat pemadam api kombinasi dari fosfat mono-amonium dan ammonium sulphate. Yang berfungsi mengganggu reaksi kimia yang terjadi pada zona pembakaran, sehingga api padam. Dry chemical powder juga memiliki titik lebur yang rendah dan pada partikel yang sangat kering serta membengkak untuk membentuk penghalang yang hingga oksigen tidak dapat masuk sehingga dapat menutupi area kebakaran ( pijakan api) , akhirnya api tidak akan menyala dikarenakan pijakannya ditutupi oleh dry chemical powder.

 

ALAT PEMADAM API (TABUNG APAR CO2  5KG)

 

  • tinggi keseluruhan : 920 ( mm )
  • diameter tabung : 140 ( mm )
  • temperatur kerja : -20 s/d 55 ( 'c )
  • tekanan dalam : 68 ( bar )
  • tes tekanan : 218 ( bar )
  • waktu semprot : 20 ( detik )
  • jarak penyemprotan : 3 s/d 6 ( m )
  • efektif penyemprotan : 97 ( % )
  • berat total : 21.9 ( kg )
  • fire rating : 6b

 

DESKRIPSI TABUNG PEMADAM API CO2

 

  • Co2 adalah senyawa/bahan kimia yang terbentuk dari 1 atom karbon + 2 atom oksigen, yang dapat dihasilkan baik dari kegiatan alamiah maupun kegiatan manusia.
  • Dapat digunakan memadamkan kebakaran kelas b dan c karena merupakan bahan gas, co2 tidak merusak, dengan daya guna yang efektif dan bersih.
  • Sangat efisien serta efektif digunakan dalam ruangan seperti kantor, lab dan ruangan lainnya.
  • carbon dioxide (co2) dapat menyerap panas dan sekaligus mendinginkan.

 

KONSTRUKSI

 

  • tidak berbahaya terhadap tumbuhan, hewan terutama manusia.
  • keuntungan dan layanan :
  • gratis ongkos kirim untuk pembelian daerah jabodetabek (jakarta, depok, bogor, tanggerang, bekasi).
  • diberikan demo/ pelatihan cara menggunakan ratis untuk daerah jabodetabek (jakarta, depok, bogor, tanggerang, bekasi).
  • garansi tekanan dalam tabung 2 tahun selama segel pin masih utuh.
  • sticker arah pemadam api gratis untuk memudahkan dalam menentukan area penempatan serta memudahkan dalam pengecekan apar.
  • dilakukan pengecekan berkala per-6 bulan.
  • saran dan tips tabung apar abc powder ditempatkan pada tempat yang mudah terlihat, tidak terhalang oleh benda apapun. Mudah dijangkau. Penempatan apar jangan terlalu tinggi, tidak melebihi standar pmk yaitu 120cm atau 20-30cm diatas permukaan lantai.

untuk menghindari pembekuan media pada harap dilakukan 1 kali pembolak-balikan tabung per-bulan.Dilakukan pengecekan tekanan dalam tabung dengan mengecek pressure/indikator yang berada pada tabung pemadam api. dilakukan pengecekan selang pada dilakukan pembersihan ntuk menghindari karat dan korosi.  konstruksi tabung sangat kuat dan berat karena dirancang khusus untuk menahan tekanan tinggi dan dilengkapi dengan selang yang panjang dengan nozzle yang berbentuk corong.

  • senyawa kimia yang terbentuk dari 1 atom karbon dan 2 atom oksigen, yang dapat
  • dihasilkan baik dari kegiatan alamiah maupun kegiatan manusia.
  • dapat digunakan memadamkan kebakaran kelas b dan c karena merupakan bahan gas, co2 tidak merusak, dengan daya guna yang efektif dan bersih.
  • sangat efektif digunakan dalam ruangan tertutup/ in door.
  • dapat menyerap panas sekaligus mendinginkan.

 

FUNGSI :

alat pemadam api dapat digunakan memadamkan kebakaran kelas b dan c karena merupakan bahan gas, co2 tidak merusak, dengan daya guna yang efektif dan bersih.Sangat efisien serta efektif digunakan dalam ruangan seperti kantor, lab dan ruangan lainnya.Carbon dioxide (co2) dapat menyerap panas dan sekaligus mendinginkan.Konstruksi tabung dirancang khusus untuk menahan tekanan tinggi dan dilengkapi dengan selang yang panjang dengan nozzle yang berbentuk corong.Tidak berbahaya terhadap tumbuhan, hewan terutama manusia.

 

KEUNTUNGAN DAN LAYANAN :

gratis ongkos kirim untuk pembelian daerah jabodetabek (jakarta, depok, bogor, tanggerang, bekasi).Diberikan demo/ pelatihan cara menggunakan ratis untuk daerah jabodetabek (jakarta, depok, bogor, tanggerang, bekasi).Garansi tekanan dalam tabung 2 tahun selama segel pin masih utuh.Sticker arah pemadam api gratis untuk memudahkan dalam menentukan area penempatan serta memudahkan dalam pengecekan apar.Dilakukan pengecekan berkala per-6 bulan.Saran dan tips tabung apar abc powder ditempatkan pada tempat yang mudah terlihat, tidak terhalang oleh benda apapun. Mudah dijangkau. 

 

Carbon dioxide (co2) senyawa kimia yang terbentuk dari 1 atom karbon dan 2 atom oksigen, yang dapat dihasilkan baik dari kegiatan alamiah maupun kegiatan manusia.

  • dapat digunakan memadamkan kebakaran kelas b dan c karena merupakan bahan gas, co2 tidak merusak, dengan daya guna yang efektif dan bersih.
  • sangat efektif digunakan dalam ruangan tertutup/ in door.
  • dapat menyerap panas sekaligus mendinginkan.
  • konstruksi tabung sangat kuat dan berat karena dirancang khusus untuk menahan tekanan tinggi dan dilengkapi dengan selang yang panjang dengan nozzle yang berbentuk corong.

 

2. CARBON DIOXIDE (CO2)

  • senyawa kimia yang terbentuk dari 1 atom karbon dan 2 atom oksigen, yang dapat
  • dihasilkan baik dari kegiatan alamiah maupun kegiatan manusia.
  • dapat digunakan memadamkan kebakaran kelas b dan c karena merupakan bahan gas, co2 tidak merusak, dengan daya guna yang efektif dan bersih.
  • sangat efektif digunakan dalam ruangan tertutup/ in door.
  • dapat menyerap panas sekaligus mendinginkan.

 

konstruksi tabung sangat kuat dan berat karena dirancang khusus untuk menahan tekanan tinggi dan dilengkapi dengan selang yang panjang dengan nozzle yang berbentuk corong. Carbondioxide  co2  gas karbon dioksida merupakan salah satu zat kimia bersih yang digunakan sebagai salah satu bahan untuk pemadam api. Berupa gas yang sangat dingin berfungsi mematikan api dengan mengambil unsur oksigen. Alat pemadam api dengan media karbon dioksida (co2) dapat digunakan untuk memadamkan api kelas kebakaran b ( bahan bakar cair) dan kelas kebakaran c ( listrik).

 

KELAS KEBAKARAN  CO2

  • kelas kebakaran b – benda cair (minyak, bensin, solar)
  • kelas kebakaran c – benda gas (elpiji, tinner)

 

Read 3963 times Last modified on Friday, 13 August 2021 08:04

 

View Anwar Arifin's profile on LinkedIn

Andy Rifky 
 WA. +6287831213599

HP. 081211930009

PT. Global Mitra Proteksindo
Komp. Taman Palem Mutiara
Cengkareng, Jakarta Barat

OFFICE. 02122302338

E- Mail - This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

Cari Artikel

View Anwar Arifin's profile on LinkedIn

Andy Rifky

WA - 087831213599

HP- 081211930009

PT. Global Mitra Proteksindo
Komp. Taman Palem Mutiara
Cengkareng, Jakarta Barat

OFFICE. 02122302338

E- Mail -gmproteksi@gmail.com